Oleh harmen batubara
Susahkah memakai
logika SEO(Search Engine Optimi zation) itu? Sebenar nya sangat mudah, kalau
anda bisa menulis dengan baik dalam tatanan sebagai penulis tradisional, maka
sesungguhnya anda cukup sekedar mengetahui saja tentang apa SEO itu. Karena
tulisan anda yang bagus itu akan secara otomatis disenangi oleh Google, Bing
dll. Lho malah begitu? Ya sebab seorang penulis yang baik itu tahu persis apa
yang dibutuhkan oleh para pembacanya. Nah prosesnya jadi begini.
Seperti apa sebenarnya
cara kerja mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dll itu? Logikanya kurang
lebih begini. Ketika seseorang membutuhkan informasi dari internet, maka mereka
akan mendatangi mesin pencari. Kata apa yang mereka gunakan untuk mencari
informasi tersebut? Pasti sesuai keinginan mereka. Lalu nengetikkan apa
informasi yang mereka cari. Hal seperti itu dilakukan oleh semua orang internet
setiap saat. Maka mesin pencari ini menjadikan diri mereka sebuah perpustakaan
yang sangat besar untuk menyimpan semua keinginan sang pencari Informasi.
Karena itu , setiap tulisan yang di upload oleh siapa saja ke internet maka
Google, Bing , Yahoo dll itu akan menyimpan informasi itu secara terstruktur
secara apik sebagaimana sebuah perpustakaan dikelola. Jadi tegasnya mesin
pencari itu adalah Perpustakaan raksasa, yang kalau dibuat secara fisik
bangunannya bisa melebihi lapangan sepak Bola Gelora Bung Karno. Logikanya
begini.
Cobalah Tanya om
Google, misalnya dengan mengatikkan “melamar pekerjaan”, maka dalam hitungan
detik saja anda akan disuguhi tulisan sebanyak jutaan file yang terkait
informasi tsb. Nah bayangkan kalau informasi yang jutaan itu dibuat dalam
bentuk buku secara fisik, pasti akan memerlukan bangunan yang sangat dan sangat
besar. Jelas kan? Ya jelas sekali. Nah SEO ini, adalah ilmu untuk mengetahui
kata-kata apa saja yang dilakukan oleh para pencari informasi kalau mereka
mencarinya di Google, Bing, Yahoo dll itu. Jadi kalau anda akan menulis
sesuatu, maka anda harus peka dengan kata-kata yang sering dicari orang di
mesin pencari itu. Itu saja ? Ya itu saja.
Apakah saya harus
paham SEO? Menurut saya sangat perlu, sebabnya agar anda bisa memanfaatkan
mesin pencari itu untuk kepentingan anda sendiri. Terserah apakah anda seorang
penulis, seorang marketing atau apa saja. Kalau anda paham dengan SEO maka anda
pasti lebih efisien kerjanya dan dapat memanfaatkan mesin pencari itu demi
kepentingan anda. Memang pernyataan-pernyataan di atas seakan mewajibkan semua
pemilik website mengaplikasikan SEO karena sedemikian dahsyatnya.Tapi tidak
semua orang/website butuh SEO. Ini karena tidak semua website membutuhkan
pengunjung dari mesin pencari. Ada jenis-jenis website yang justru tidak efektif
kalau memanfaatkan SEO sebagai strategi utamanya. Begini maksudnya…Mesin
pencari seperti Google menampilkan daftar website sesuai kata kunci yang
dimasukkan oleh manusia si pencari informasi. Artinya, anda hanya akan
mendapatkan pengunjung apabila kata kunci yang anda inginkan juga diinginkan
oleh orang lain.
Coba bayangkan jenis
website ini: perbatasan; Humor atau hiburan; Blog personal;
Cerita fiksi, dll. Sangat jarang…atau bahkan tidak ada atau sangat jarang
yang mencari konten dari website seperti itu lewat mesin pencari. Maka
dari itu strategi pemasaran utama mereka bukan SEO, melainkan SOCIAL MEDIA
MARKETING misalnya, facebook, google plus, instagram, pinterest, LinkedIn,
StumbleUpon,Tumblr, dll atau iklan berbayar lainnya. Karena itu perlu
dipahami, Kalau jenis website anda memang yang tidak pernah dicari lewat
mesin pencari, maka anda tidak perlu menguasai SEO. Tetapi sebaliknya, Anda
perlu belajar SEO dan mengaplikasikannya ke website kalau anda adalah seorang:
Blogger professional; Pemilik website bisnis; Affiliate & CPA marketer;
Pemilik toko online; Pengembang software berbasis web; Profesional yang
memanfaatkan website untuk membangun reputasi; Profesional yang memiliki
portfolio online; Penjual produk/jasa lewat internet; dan Pengusaha yang ingin
melakukan pemasaran online. Alasannya juga sederhana, karena calon
kustomer, pelanggan, dan pengguna mereka adalah orang-orang yang menggunakan
mesin pencari. Disinilah Teknik SEO bisa sangat berperan dan menjadi faktor
penentu dalam kesuksesan bisnis mereka.
Jadi Secara Sederhana Inilah Konsep dasar SEO
Mesin pencari seperti
Google, Yahoo, Bing dll setiap saat akan berusaha untuk bisa memberikan
layanan terbaik bagi para “pemakainya”. Hal itu mereka tunjukkan dengan memberi
urutan teratas dalam mesin pencarian mereka. Mereka ingin supaya para kastamernya
senang dan puas menggunakan layanan mereka. Sebaliknya para pengguna
menginginkan supaya website mereka muncul di halaman pertama. Karena
itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata
kunci yang dimasukkan pengguna. Jadi inti dari SEO adalah untuk menjadikan
website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan. Misalnya, Anda
ingin kalau seseorang mengetikkan Sepatu di mesin pencari atau kalau seseorang
menanyakan om google tentang Sepatu, maka Website Sepatu andalah yang muncul
duluan. Yah seperti itulah kurang lebih maknanya.
Apa saja yang harus
saya pelajari? Kalau itu pertanyaannya maka tentu akan sangat panjang dan lebar
jawabannya dan itu juga tidak akan bertahan lama. Sebab setiap saat ilmu
berkembang, tradisi berubah dan semuanya berganti. Maka ilmu SEO juga seperti
itu, Nggak ada habisnya. Dalam garis besarnya untuk saat ini ada beberapa
komponen utama dalam SEO; komponen-komponen ini yang akan menentukan seberapa
baik website anda secara SEO dimata mesin pencari. Komponen ini pulalah yang
menentukan urutan rangking di hasil pencarian SEARCH ENGINE. Secara singkat,
krang lebih inilah hal hal yang perlu anda pelajari untuk menguasai SEO:
Mengoptimasi halaman halaman website anda; Riset
kata kunci (Keyword research); Menganalisa kompetisi; Membuat tulisan atau
konten yang teroptimasi sesuai target; Membangun popularitas, link, dan
reputasi; Melakukan audit terhadap performa SEO Dll
Jadi kalau anda adalah
seorang penulis konten pro atau amatiran yang mencari keberuntungan dalam
penulisan artikel, ebook terkait pemasaran, blogging, dan lain-lain di dunia
Online maka anda memang perlu mengetahui dan menjadi ahli dalam hal SEO. Begitu
juga kalau anda seorang penulis biasa, maka mengetahui SEO tidak ada ruginya.
Malah akan memberikan anda berbagai keuntungan yang bermanfaat bagi kepenulisan
anda. Kalau anda senang dengan tulisan ini, buat komennya ya. Terimakasih.
Postingan Yang SEO Friendly
Pertama sekali, coba
bayangkan kata-kata apa (key words) yang akan anda ltuliskan bila mempergunakan
Google untuk mencari informasi yang anda inginkan. Inilah dasar anda membuat
tulisan yang SEO friendly.
Nah setelah tahu
persis kata-kata yang akan dipakai untuk mencari info yang digunakan calon
customer anda, maka berikut cara membuat postingan yang katakanlah search
engine friendly, yah kira-kira begitulah maksudnya;
·
Buatlah judul
postingan anda berisi salah satu kata kunci yang anda pilih sebagai sesuatu
yang paling dicari oleh pengunjung site anda. Perhatikan juga, selain
menempatkan keyword di judul tulisan, anda juga perlu menaruhnya di isi
postingan. Karena itu, saat anda menulis, anda sudah tahu persis informasi
seperti apa sebenarnya yang dicari oleh para pengunjung site anda. Karena itu
buatlah postingan tersebut, bertabur dengan info yang dibutuhkan oleh para
pengunjung site anda. Sekali lagi bayangkan, info yang mereka cari, justeru
adalah kata-kata kunci potingan anda. Klop kan?
·
Ingat, mesin pencari
itu, bagaikan pengumpul data, atau info yang sangat rakus tetapi sangat pintar
dalam memilah dan menempatkan atau menggabungkan kata/info yang dia cari.
Sehingga dia tahu betul, dimana kata/info tertentu berada yang telah dia tata
sesuai dengan ramuan informasi yang sangat baik sekali. Apa yang ditemukan
mesin pencari ini, akan dia kumpulkan di gudangnya paman “google” (katakana
mesin pencari tadi miliknya paman google). Nah begitu ada seseorang yang
memasukkan salah satu kata kunci tentang sesuatu, maka tidak pelak lagi. Paman
google, pasti memberikan informasi yang benar. Nah dengan logika seperti itu.
Sebenarnya, kalau postingan anda itu berkualitas, jangan hawatir. Pastilah
inrmasi tentang site anda akan dia perkenalkan kemana-mana.
·
Hanya saja, kalau anda
menuliskannya terlalu PD, meskipun bagus tapi lupa menuliskan kata-kata kunci
anda secara proporsional. Maka tentu saja mesin pencari tidak bisa menilai
kualitas postingan anda. Karena itu tempatkan keyword yang tepat. Selain
menempatkan keyword di judul posting, anda juga dapat meletakkannya di beberapa
tempat strategis lainnya di antara isi postingan anda. Di awal, di tengah dan
akhir posting adalah tempat yang di anjurkan oleh pakar SEO. Katanya search
engine akan memberikan nilai lebih jika keyword yang diletakkan pada
tempat-tempat tersebut. Logikanya memang begitu. Sekali lagi, meskipun
postingan anda berkualitas, tetapi perlu juga anda memperhatikan kata-kata
kunci anda, dan juga pendistribusiannya di dalam postingan anda.
·
Malah kata-kata kunci anda
dalam postingan anda itu perlu diberi atau dibuat agar lebih tebal dan italic ,
ini anjuran dari pakar seo, secara logika tentu agar memudahkan mesin
pencari dalam menemukannya. Jika cara penebalan dan peng italik an
anda lakukan secara benar akan membuat konten anda lebih rapi, dan
pastinya akan memberi nilai tambah bagi keyword yang dipakai.
·
Gunakan alt tag dan
title tag, ini berlaku jika anda membuat konten disertai dengan image. Disaat
sampean menambahkan gambar gunakan alt tag dan title alt, Konon kedua tag ini
digunakan oleh search engine untuk mengenali image yang sampean gunakan.
·
Fokus pada keyword
tertentu saja, karena itu di dalam suatu postingan, sekali lagi hal ini menurut
para pakar, anda harus fokus pada satu topik saja dalam setiap postingan. Hal
ini memang susah dilakukan, kebanyakan penulis lebih suka mempergunakan kata kunci
yang banyak. Tetapi itulah faktanya, untuk memperoleh nilai SEO yang baik.
Usahakan dalam setiap postingan fokuskan pada satu kata kunci saja.
·
Mudah mudahan tips ini
bisa berguna, dan membantu anda dalam ngeblog ria.
·
Tulisan ini pernah
dimuat di www.bukuperbatasan.com
test
BalasHapus