Jumat, 18 September 2015

Tips Berjualan Di Tokopedia Agar Cepat Laku

Tips Berjualan Di Tokopedia Agar Cepat Laku

Berjualan di tokopedia itu unik dan sebenarnya sangat menyenangkan, kenapa? karena kita sebagai penjual tidak akan dipungut biaya apapun atas transaksi yang terjadi , memang cara seperti ini mirip dengan situs listing namun Tokopedia bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli sebagai penengah . Maraknya aksi penipuan belanja online membuat sistem escrow atau rekening bersama merupakan cara tepat untuk menghindari sistem penipuan . Karena faktor inilah , banyak penjual yang menjajakan produknya di tokopedia dengan berharap mendulang kesuksesan dari sana . Memang , banyak penjual di tokopedia yang memiliki omzet puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari hasil “nebeng” di situs orang lain .

Kemudahan yang ditawarkan tokopedia antara lain kita memiliki toko online sendiri yang buka 24 jam x 7 hari tanpa harus memikirkan biaya hosting , biaya seo dan lain-lain . Selain itu , kita tidak direpotkan dari pembeli yang “merepotkan” karena ragu-ragu akan bertransaksi dengan Anda . Jika anda berniat untuk berjualan di tokopedia , dan berharap setiap hari selalu ada minimal 5 penjualan maka anda harus mengikuti tips-tips berikut ini agar penjualan anda di tokopedia berjalan lancar . Berikut tipsnya :
•    Gunakan Foto yang berbeda
Seringkali kita mencari produk tertentu di tokopedia , namun foto produk tersebut sama semua antara satu sama lain sehingga kita dibingungkan karena meskipun foto produknya sama tapi harganya beda-beda . Nah , jika anda ingin berjualan di tokopedia atau situs sejenisnya , ada baiknya untuk menggunakan foto produk yang diambil sendiri . Ini untuk memberikan ciri pada produk Anda , sehingga manakala harga yang anda tawarkan jauh lebih mahal tetap akan menarik calon pembeli .
•    Selalu buka toko lebih awal
Anda jangan berharap akan ada penjualan meskipun harga barang Anda merupakan yang termurah jika toko anda tidak buka . Status keaktifan toko dinyatakan 1 minggu yang lalu atau 2 hari yang lalu akan membuat calon konsumen enggan berbelanja di toko Anda . Beda halnya jika status keaktifan toko anda adalah hari ini maka konsumen akan melirik meskipun harga yang anda tawarkan cenderung mahal .
•    Balas pesan dan diskusi produk secepatnya
Anda dituntut untuk cepat dalam merespon pertanyaan yang diajukan konsumen seperti fitur pesan atau diskusi produk . Kebanyakan penjual tokopedia terkesan acuh , meski dikirim pesan atau diskusi produk tidak dibalas . Meskipun harga barang-barangnya murah kalau penjualnya cuek siapa yang mau belanja disitu ?
•    Hindari No Retur , No Cancel , No Complain
3 N yang sering muncul di deskripsi produk yang dijual di tokopedia ialah  no retur , no cancel , no complain . Kesannya penjual itu tidak mau bertanggung jawab apabila barang sudah sampai di tangan konsumen , tentu konsumen tidak akan komplain jika tidak ada masalah barang yang ia beli . Anehnya, rata-rata penjual di tokopedia menggunakan kata-kata diatas untuk menyangkal keluhan konsumen sehingga konsumenlah yang dirugikan . Kalau anda berjualan ya harus menerima keluhan atau masukan dari pembeli agar bisnis anda terus maju .
•    Cantumkan no hp pada informasi toko
Pihak tokopedia memang tidak mewajibkan anda untuk memajang no ponsel secara terbuka yang bisa dilihat publik . Namun , demi kebaikan ada baiknya anda memasang informasi sejelas mungkin agar pembeli bisa menghubungi anda kapan saja tanpa harus menggunakan fitur yang disediakan situs yang kurang efisien .
•    Aktifkan notifikasi email
Anda tidak bisa menyalakan pc seharian ? nyalakan saja fitur notifikasi email pada ponsel pintar anda supaya anda mendapatkan pemberitahuan dari tokopedia entah penjualan , ada pesan baru , ada diskusi produk terbaru sehingga anda bisa cepat membalas . Sekarang tokopedia sudah menyediakan aplikasi sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk telat membalas pesan atau diskusi produk .
•    Jangan perang harga
Apabila anda melihat suatu produk misalnya X dan harga paling murahnya di tokopedia sebesar 40.000 rupiah maka jangan sekali-kali anda menurunkan harga produk tersebut ke level terendah misalnya 38.000 atau nyaris 30.000 rupiah . Memang , anda berpikiran bahwa dengan mendirikan harga murah akan terjadi penjualan dalam jumlah banyak namun itu hanya sesaat . Berjualan bukanlah sekali atau dua kali , namun terus menerus dan cara mendatangkan pembeli melalui banting-bantingan harga merupakan cara salah .

Itulah 7 tips berjualan di tokopedia agar cepat laku , bagi anda seorang pedagang online yang menjadikan sebagai usaha rumahan maka situs tokopedia wajib anda coba agar jaring-jaring pemasaran bisa meluas (sumber : http://onlinerumahan.blogspot.co.id/2014/11/7-tips-berjualan-di-tokopedia-agar.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar