Cara buat Iklan di Google Adwords
Sebelum Anda membuat iklan pertama,
ada beberapa pemahaman mendasar yang perlu Anda ketahui.
Pertama, ada tiga tujuan utama orang
melakukan pemasaran lewat iklan, yaitu: Brand awareness – membuat orang sadar, bahwa Produk Anda itu ada; Buying customer – mendatangkan prospek yang nantinya
diharapkan berubah menjadi pelanggan; dan Edukasi – membuat orang mengenal sebuah
produk dan mengerti kenapa mereka perlu membelinya.
Pada dasarnya pemasaran adalah
sebuah cara untuk “membeli pelanggan”. Istilah kerennya adalah
akuisisi pelanggan / customer acquisition. Setelah Anda
mengeluarkan sejumlah uang untuk pemasaran, Anda berharap ada yang menaggapi
usaha marketing Anda dan mau bertransaksi atau berbisnis dengan Anda. Tentu
setiap pengusaha menginginkan dari upaya pemasarannya, setiap sen uang yang
telah dikeluarkan akan kembali lagi dan menghasilkan profit. Atau kata para
marketer, ada ROI-nya (Return of Investment).
Bagaimana cara melakukan pemasaran?
Salah satunya adalah dengan memasangiklan di internet tepatnya di Google
Adwords
Bagaimana cara beriklan di Google Ardwords?
Google Adwords bisa menjadi sebuah alternative pilihan yang menarik. Google
Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google. Perusahaan ini
telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan
dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian Anda
bisa melakukannya langsung dari depan layar computer Anda sendiri.
Apabila Anda memiliki modal yang agak
besar, Anda bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan
Adwords Anda.Misalnya seperti PromoNavigator.
Dimanakah iklan Anda akan di tayangkan?
Iklan yang Anda buat nantinya bisa
tampil di:
Situs-situs pencari Google, misalnya mesin
pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
Situs pencari lain yang merupakan bagian dari
jaringan pencari yang berpartner dengan Google misalnya AOL.
Pencari di perangkat mobile.
Di Google Display Network, yaitu situs-situs yang dijelajahi oleh calon pembeli
(misalnya, blog dapur-uang.com) dan juga situs Google, seperti Gmail, Blogger
dan Youtube.
Kelebihan Google Adwords
Iklan yang kita pasang tertarget.
Artinya iklan Anda akan ditampilkan ke orang-orang yang memiliki relevansi atau
keterkaitan dengan isi iklan yang ditayangkan. Sebab setiap iklan memiliki
kata-kata kunci atau keywords tertentu. Dan kata
kunci inilah yang akan disesuaikan dengan pencarian orang-orang yang sedang melakukan
browsing dan menjelajahi dunia maya.
Secara lebih spesifik, Anda juga bisa
menarget berdasarkan lokasi, misalnya Anda hanya orang yang di jakarta saja
yang bisa melihat iklan Anda. Tujuannya agar anggaran iklan Anda tidak sia-sia
terbuang kepada orang yang tidak ada kaitannya dengan profil pelanggan Anda.
Kelebihan lainnya, yaitu bahkan dengan uang Rp.450.000 Anda sudah bisa beriklan dan bahkan bisa
gratis. Walaupun dan tentu saja dengan dana segitu apakah sudah cukup untuk mengiklankan
usaha Anda tentu itu lain cerita.
Biaya Iklan Adwords
Pada dasarnya para pemasang iklan
Adwords akan saling berkompetisi untuk kata kunci yang paling sering
digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di
mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/ bidding (secara
otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana.
Tentu orang ingin iklannya lebih
sering muncul dan berada di posisi paling strategis, yaitu di paling atas. Nah,
pemasang iklan yang berani membayar lebih tinggi untuk suatu kata kunci
tertentulah akan mendapatkan keuntungan tersebut.
Ada 3 macam strategi lelang,
tergantung dari fokus pemasaran Anda, yaitu:
Jika fokusnya adalah
mendapatkan traffic ke situs/ tokol Anda, maka Anda
memilih strategi bidding berdasarkan klik pada iklan Anda,
atau dikenal dengan CPC bid. CPC singkatan dari Cost Per
Click.
Biaya yang akan dikenakan adalah
berdasarkan jumlah klik pada iklan Anda dikalikan dengan biaya
CPC atau biaya per klik yang telah Anda tentukan maksimalnya. Biaya
CPC-nya bisa saja lebih murah dari maksimal bid yang telah ditentukan
tergantung dari berbagai faktor.
Jika fokus Anda adalah awareness atau
sekedar memberitahu bahwa Anda itu ada loh. Maka strategi bidding-nya
adalah berdasarkan Cost Per Mile atau dikenal dengan
isitlah CPM bid. Per Mile artinya per seribu,jadi
setiap 1000 kali tayang, maka Anda dikenakan biaya. Di dalam strategi bidding
ini, tidak peduli dengan berapa jumlah klik yang Anda peroleh. Jadi kalau dalam
1000x tayang bisa mendapatkan 100 klik atau 200 klik biayanya tidak beda.
Jika fokus Anda adalah konversi,
maka strategi biddingnya adalah Cost Per Acquisition atau CPA
bid. Disini Anda tetap membayar berdasarkan setiap klik pada iklan
Anda. Bedanya Google akan membantu mengoptimalkan setiap klik sehingga memenuhi
target konversi Anda.
Konversi yang dimaksud disini bisa
berarti, pembelian sebuah produk, jumlah orang yang berlangganan dengan
memberikan email mereka, dll.
Pembayaran
Cara pembayarannya sebenarnya cukup
mudah. Anda harus mendeposit sejumlah uang terlebih dahulu dengan menggunakan
kartu kredit. Hal ini memang agak menyulitkan bagi mereka yang tidak memiliki
kartu kredit.
Buat Iklan Adwords Pertama Anda
Akun Gmail atau email Google Anda
tidak bisa digunakan untuk Adwords. Anda memerlukan sebuah akun khusus untuk memasang
iklan, disamping email anda yang sudah ada.
Tahap ke satu Pergilah ke http://adwords.google.com nanti Anda akan di-redirect ke
suatu halaman seperti di bawah ini.
Tahap 2 Klik tombol: START NOW
Tahap 3 Isi email Anda, kemudian klik tombol: Save and
Continue.
Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat
akun Anda . Lalu klik tombol: Next step
Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap
untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step
Tahap 5 Sebuah email verifikasi akan dikirimkan ke email Anda, silahkan
cek.
Tahap 6 Kliklah tautan yang ada di dalam email itu untuk
memverifikasi email Anda.
Tahap 7 Nanti Anda akan dibawa ke sebuah halaman situs yang menyatakan,
bahwa email Anda telah diverifikasi. Selanjutnya kliklah tautan: Click
here to continue.
Tahap 8 Selamat Anda telah selesai membuat akun Google Adwords. Klik
tombol: Take me to my account, jika Anda ingin langsung segera
membuat iklan.
Langkah 2 Konfigurasi Pembayaran
Untuk Indonesia sekarang selain
pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard, Anda sudah
bisa membayar menggunakan transfer bank. Hanya saja diperlukan waktu 5-10 hari
hingga dana tercatat di akun.Alternatif lainnya adalah pinjam kartu kredit
orang lain, atau menggunakan jasa perusahaan yang menawarkan pengelolaan iklan
adwords, seperti PROMO NAVIGATOR
Cara mengatur pembayaran di Adwords:
Tahap Pertama
. Klik gambar:
ikon gir di pojok kanan atas. Lalu klik pilihan: Billing
Tahap 2. Pilih lokasi untuk alamat penagihan Anda. Lalu klik
tombol: Continue.
Tahap 3. Isi alamat penagihan Anda
Tahap 4. Pilih cara pembayaran Anda, otomatis atau manual. Untuk
tutorial ini kita pilih: manual payments. Dengan kata lain
Anda deposit uang dulu. Lalu setiap biaya dipotong dari uang yang telah
dibayarkan.
Tahap 5. Centang kotak: Yes, I agree to the terms and
conditions above. Lalu klik tombol: Submit and activate my
account.
Tahap 6. Klik tombol: Make a payment
Tahap 7. Isilah form mengenai kartu kredit Anda, lalu isikan jumlah
yang ingin Anda bayarkan, jika sudah klik tombol: Review Payment.
Tahap 8. Jika pengisian form kartu kredit Anda sudah benar dan
Google telah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit
Anda, Anda akan dibawa masuk ke halaman konfirmasi.
Catatan mengenai pembayaran otomatis
/ pascabayar
Untuk pembayaran otomatis atau
pascabayar Anda akan ditagih setelah iklan berjalan. Waktu penagihan adalah
bila telah lewat 30 hari atau biaya telah mencapai jumlah yang telah ditetapkan.
Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak dapat
merubahnya.
Cara ini lebih sesuai untuk Anda yang
tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk selalu mengontrol akun Adwords Anda.
Langkah Ketiga Buat Iklan Teks
Pertama
Pemahaman dasar
Adwords pada dasarnya memiliki
struktur pembuatan iklan sebagai berikut:
Keterangan :
- Campaign
= Kampanye
- Ad
Groups = Grup Iklan
- Ads =
Iklan
- Keywords =
kata kunci
Tujuan dari struktur ini adalah untuk
mengelompokkan produk atau jasa Anda ke dalam campaign dan ad
groups, serta menghubungkannya dengan kata-kata kunci. Dengan demikian
kualitas dan tingkat kesuksesan iklan Anda akan meningkat.
Iklan dengan skor kualitas yang
tinggi dapat menekan biaya per klik atau CPC (Cost per Click). Jadi
semakin jeli anda memilih kata kunci, maka semakin murah biaya iklan anda. Untuk
setiap level struktur, Anda akan memberikan sebuah nama. Pemberian namanya
tergantung dari cara pengelompokan Anda. Lebih jelasnya akan diterangkan lebih
lanjut di bawah.
Saat Anda membuat iklan, disarankan
agar Anda melakukan urutan kerja sebagai berikut:
Pikirkan tentang 1. campaign > 2.
Ad Groups > 3. Keywords > 4. Ads
Campaign
Cara pembuatan struktur yang
sederhana adalah seperti pengelompokkan barang di departemen
store. Sebagai contoh tokol Anda menjual baju dan sepatu. Anda dapat
memberikan nama campaign-nya:
- Baju
- Sepatu
Namun demikian untuk kebutuhan lain
Anda juga bisa membaginya berdasarkan promosi, seperti:
- Promosi
Hari Kartini
- Promosi
Natal dan Tahun Baru
Ad groups
Misalnya kita gunakan campaign:
baju. Untuk Ad groups-nya Anda bisa membaginya berdasarkan
kategori baju, misalnya:
- Dress
- Cardigan
- Blouse
Keywords
Setiap ad groups akan
memiliki sekelompok keywords. Idealnya Anda memikirkan 20-40 kata
atau frase yang kira-kira akan digunakan oleh calon pembeli saat melakukan
pencarian di Google.
Misalnya Anda hendak membuat kata
kunci untuk ad groups: dress. Orang yang ingin
membeli dress mungkin akan menggunakan kata-kata sebagai
berikut:
- dress murah
- jual dress cantik
- jual
long dress
- little
black dress
- long
dress
- dress buat
pesta
- dst…
Fungsi keywords ini
adalah agar nanti Google dapat mencocokkannya dengan pencarian orang di mesin
pencari Google saat Google hendak menampilkan iklan Anda.
Ada sebuah tips yang sangat
penting pada saat penetapan keywords, saya sebut dengan gaya
pencocokan (match). Mengetahui dan menerapkan hal ini pada keywords dapat
mencegah pemborosan anggaran pemasaran Anda.
Gaya Pencocokan
4 macam gaya pencocokan dengan cara penulisan keywordsnya, yaitu:
- Broad match-Cara penulisan: dress
murah
- Phrase match-Cara
penulisan: “dress murah”
- Exact match-Cara penulisan: [dress
murah]
- Broad match modifier-Cara
penulisan: +dress +murah
Secara lebih jelas akan saya bahas di
bawah ini.
1. Broad Match Pada gaya ini, apapun yang diketikkan orang di mesin pencari
Google, asal di dalam pencariannya terdapat kata-kata yang sama dengan kata
kunci yang telah Anda tetapkan, meskipun susunan urutan katanya berbeda atau
terpisah, maka iklan Anda akan ditampilkan.
Kita ambil contoh kata kunci: dress
murah. Bila ada yang mengetikkan di mesin pencari Google: majalah murah tentang dress India, maka
iklan Anda muncul. Masalah yang sering terjadi dari penggunaan gaya ini, meski
jangkauannya luas tapi tingkat relevansinya dalam kaitannya menemukan calon
pelanggan yang ingin mengeluarkan uang untuk belanja bisa menjadi kecil. Karena
prospek yang mampir di tokol atau situs Anda lebih tidak kualifait.
Meskipun demikian, jika tujuan Anda
adalah untuk menciptakan brand awareness, maka cara ini sangat baik
untuk digunakan. Selain itu pada laporan Anda dapat melihat daftar pencarian
yang dilakukan oleh orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan, sehingga
dari sana Anda bisa menemukan ide baru untuk kata-kata kunci baru.
2. Phrase Match Gaya pencocokan ini akan lebih mengecilkan kemungkinan iklan
Anda ditampilkan ke orang-orang yang tidak relevan. Karena hanya pencarian yang
di dalamnya terdapat kata kunci Anda dengan urutan yang sama persis, barulah
iklan Anda ditampilkan.
Sebagai contoh, untuk kata
kunci: dress murah, iklan Anda akan muncul bila ada yang mencari di
mesin pencari Google:
- jual dress
murah
- dress murah singapore
- desainer dress
murah
Iklan tidak akan tampil bila
susunannya berbeda, misalnya: jual murah dress
Negative Keywords. Sebagai tambahan dari contoh kasus di atas Anda dapat semakin
meningkatkan efektifitas iklan Anda dengan menyembunyikan iklan dari pencarian
yang tidak relevan, seperti: dress murah singapore. Kemungkinan
besar pencarian ini tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda. Nah untuk pengoptimalannya
Anda dapat menetapkan negative keywords.
Bila Anda tetapkan kata desainer sebagai
negative keywords, maka meskipun di dalam pencarian orang mengandung keywords
yang telah Anda tetapkan, tetapi karena ada kata desainer di dalamnya, maka
iklan Anda tidak akan munculkan.
Ada beberapa cara untuk
menentukan negative keywords:
Anda bisa coba-coba di mesin pencari Google misalnya Anda
ketikkan: dress murah s. Autocomplete Google dapat memberikan
petunjuk kata apa selanjutnya yang tidak relevan dengan iklan Anda.
Cara yang kedua adalah setelah iklan Anda berjalan, Anda bisa
melihat laporan daftar pencarian kata yang telah digunakan orang yang
menyebabkan iklan Anda dimunculkan. Dari situ akan terlihat Anda dapat
menganalisa pencarian apa yang tidak relevan dan Anda bisa menambahkannya di
daftar negative keywords Anda untuk ad groups yang
bersangkutan.
3. Exact Match Gaya pencocokan yang satu ini hanya menampilkan iklan Anda, bila
orang mencari menggunakan kata-kata yang sama persis dengan kata kunci Anda,
tanpa tambahan kata-kata apa pun di belakang, atau di depan.
Sebagai contoh kata kunci: [dress
murah], iklan hanya ditampilkan bila orang mengetikkan kata: dress
murah, dan tidak akan muncul bila orang mencari menggunakan kata: jual dress
murah, dress sangat murah, dress
murah online.
4. Broad Match Modifier Gaya pencocokan ini sama dengan broad match, bedanya
bila di dalam pencarian ada yang salah eja, menggunakan singkatan, singular dan
plural, kemudian awalan, akhiran, bila ada kaitannya dengan kata kunci Anda,
maka iklan Anda akan ditampilkan.
Ads/ Iklan Format iklan ada 4, yaitu:
- text ad: iklan berupa teks
- image ad: iklan berupa gambar
- rich media ad: iklan yang beranimasi atau
interaktif
- video ad: iklan berupa video.
Iklan yang paling umum dan mudah
dibuat adalah format iklan teks. Contoh:
Untuk setiap ad group Anda
bisa membuat beberapa iklan. Gunanya untuk melihat iklan mana yang bekerja
paling baik. Terkadang perbedaan kata-kata dapat membuat iklan bekerja semakin
baik atau sebaliknya.
Itulah juga alasannya mengapa ad
group dipisah berdasarkan setiap kategori barang. Sehingga di dalam
sebuah ad group bisa dibuat beberapa variasi iklan yang
berbeda untuk barang yang sama, dan untuk kata-kata kunci yang sama.
Pastikanlah di dalam membuat iklan,
kata kunci yang Anda gunakan terdapat di dalam iklan Anda.
Mari mulai membuat iklan
Ok, disini kita akan beranggapan Anda
memiliki sebuah tokol fashion yang menjual baju, dan Anda memiliki 2 kategori
barang, yaitu: dress dan blouse. Anda ingin menggunakan adwords untuk
pemasaran, dan hendak membuat sebuah iklan teks standar untuk ditampilkan
di network search only dengan target calon pembeli adalah
mereka yang tinggal Indonesia.
Pembuatan campaign
Tahap 1. Jika Anda baru selesai membuat akun, Anda akan melihat
bagian halaman seperti ini. Klik tombol: Create your first campaign.
Apablia Anda mulai dari dashboard
Adwords Anda bisa klik tombol: Campaign
Kemudian pilih di jaringan mana Anda
ingin iklan Anda tampil.
Keterangan:
- Search Network only: iklan
tampil di mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari
gambar Google dan grup.
- Display Network: di
situs-situs yang yang menampilkan Google Adsense, Gmail, Blogger dan
Youtube.
- Search Network with Display Select: Gabungan
dari Search Network danDisplay Network.
- Shopping: diGoogle
Merchant (www.google.com/shopping)
- Online video: diYoutube
– Tampil saat orang hendak menonton sebuah video, di daftar video sebelah
kanan saat sebuah video sedang dijalankan, di posisi atas dalam hasil
pencarian video.
Tahap 2. Silahkan isi campaign name-nya, baju. Lalu
pilih Type : Search Network Only Pilih tombol radio: Standard
Tahap 3. Pada bagian Networks Anda bisa memilih
apakah Anda ingin menampilkan iklan Anda di partner pencarian Google (include
search partners) atau tidak.
Siapa saja yang menjadi partner tidak
diketahui secara pasti, tapi yang dengan jelas dipublikasikan adalah AOL.
Tahap 4. Pada bagian Locations Anda dapat menargetkan iklan Anda agar
muncul berdasarkan lokasi geografis. Dengan demikian iklan Anda tampil di depan
orang-orang yang berada di lokasi tertentu saja.
Hal ini berguna jika usaha Anda hanya
melayani dalam batasan wilayah tertentu. Bahkan pencarian bisa dibuat lebih
spesifik lagi, misalnya pelayanan hanya dalam suatu radius tertentu saja.
Tahap 5. Pada bagian languages, Anda menentukan
kemunculan iklan berdasarkan bahasa.
Google akan menentukannya
berdasarkan:
- preferensi bahasa di akun yang digunakan oleh
pengguna
- permintaan pencarian.
- halaman yang sedang dilihat saat ini.
Untuk Indonesia sebaiknya menggunakan
bahasa Inggris dan Indonesia. Karena kedua bahasa ini umumnya digunakan oleh
orang Indonesia.
Tahap 6. Pengaturanbid strategy. Pada bagian ini Anda akan
menentukan total anggaran per hari dan berapa nilai default bid (penawaran)
maximum yang Anda izinkan untuk ad groups Anda. Default bid menentukan batas
maksimum biaya CPC.
Ada dua cara pengaturan bid:
- Otomatis, Google yang akan mengatur bid untuk
mengoptimalkan iklan Anda, menurut algoritma Google
- Manual, Anda yang menentukan dan mengatur sendiri jumlahnya.
Sekedar sekilas info biaya iklan
Google Adwords per klik ditentukan berdasarkan semacam lelang. Mereka yang
memasukkan batas bid yang lebih tinggi, memiliki kesempatan
iklan mereka lebih sering tampil dan berada di posisi strategis. Akan tetapi
tentu Anda ingin memperhitungkan keuntungan yang Anda peroleh dengan
pengeluaran biaya marketing.
Tahap 7. Ad extensions merupakan fitur tambahan pada iklan
Anda, bebas biaya, bertujuan untuk memberikan tambahan informasi yang berguna
untuk calon pelanggan, seperti alamat dan nomor telpon.
Salah satu kegunaannya, misalnya jika
Anda mencantumkan alamat, kebetulan ada calon prospek yang melihat iklan Anda
dan berpendapat, bahwa lokasi bisnis Anda ternyat dekat dengan mereka, mungkin
itu bisa membuat mereka memilih Anda daripada kompetitor.
Ini adalah opsional apakah Anda ingin
menggunakannya atau tidak.
Ad Groups
Halaman selanjutnya adalah pembuatan ad
group. Pada halaman ini selain memberikan nama untuk ad group, Anda
juga akan mengisi keywords, dan mulai membuat iklannya.
Keywords
Silahkan tentukan keywords Anda.
Sesuai dengan petunjuk yang sudah saya terangkan di pemahaman dasar di atas.
Contoh-nya bisa sepeti di bawah ini.
Ads
Disinilah pembuatan iklan yang
nantinya akan dilihat orang. Sebuah iklan terdiri dari beberapa bagian yaitu:
- Headline, bagian
yang digunakan untuk menarik perhatian orang.
- Description line 1&2, bagian
untuk membangkitkan rasa ketertarikan orang.
- Display URL hanya
untuk memberikan keterangan kepada pengguna, kemana mereka akan dibawa
jika mengklik iklannya.
- Destination URL adalah
url yang sesungguhnya.
Pada sisi kanan, Anda bisa melihat
pratinjau iklannya. Bisa Anda lihat disana ada dua macam:
- Side Ad adalah pratinjau bila
iklan tampil di sisi samping dari mesin pencari.
- Top ad adalah pratinjau yang terlihat memanjang bila iklan tampil di sisi atas dari mesin pencari.
Nah, sekarang Anda tinggal menunggu
iklan Anda ditinjau pada hari kerja.
Perhatikan tidak semua produk atau
jasa bisa diiklankan di Google Adwords, oleh karena itu perhatikanlah kebijakan
dari Google Adwords.
Langkah 4 Memahami Istilah-Istilah di
Tabel Adwords
Setelah Anda membuat iklan adwords
pertama Anda dan iklan tersebut berjalan, tentu Anda ingin bisa memahami dan
membaca hasil kinerjanya. Disini saya akan membantu memberikan penjelasan
mengenai beberapa istilah-istilah yang ada pada tabel Adwords.
Berbagai Istilah di Tabel Adwords
NO
|
Istilah
|
Penjelasan
|
1
|
Max.
CPC
|
Biaya
per Klik Maksimum yang akan Anda tanggung bila seseorang mengklik iklan Anda.
Anda menentukan ini saat memasukan bid di dalam ad groups.
Biaya
CPC yang sesungguhnya bisa lebih rendah dari Max. CPC tergantung dari
berbagai hal yang akan dijelaskan di bawah.
|
2
|
Clicks
|
Jumlah
klik yang telah Anda dapatkan.
|
3
|
Impr.
|
Impression
yang menunjukkan sudah berapa kali iklan Anda ditampilkan.
|
4
|
CTR
|
Click
Through Rate menunjukkan persentase keberhasilan iklan diklik.
Cara
perhitungan: CTR = Clicks / Impr. x 100%.
Contoh: Kata kunci mendapatkan 5x klik, berarti Clicks = 5; Iklan ditampilkan 100x, berarti Impr.=100; maka CTR = 5 / 100 x 100% = 5% |
5
|
Avg.
CPC
|
Average
Cost Per Click adalah keseluruhan rata-rata Biaya per Klik.
Cara
perhitungan: Avg. CPC = Cost / Clicks.
Contoh: Cost = Rp.1000.000,-; Clicks = 1000; maka Avg. CPC = Rp.1000,- |
6
|
Cost
|
Total
Biaya per Klik + Total Biaya per Mil.
atau dengan kata lain: Cost = Total CPC + Total CPMBiaya per Mil adalah biaya iklan per 1000x tampil. |
7
|
Avg.
Pos
|
Menunjukkan
ranking iklan/ ad rank Anda dibandingkan dengan iklan orang lain. Semakin
tinggi ad rank Anda (ranking 1) , semakin baik posisi penempatan iklan Anda.
|
8
|
Label
|
Digunakan
untuk mengelompokkan kata kunci.
|
Penjelasan lebih detil
Ad rangking / ranking iklan (Avg. Pos.)
Inilah beberapa alasan mengapa
Anda akan menginginkan ad rangking yang tinggi:
- CPC Anda akan menjadi yang lebih rendah
(Google menghargai iklan yang baik).
- Penempatan posisi iklan yang lebih baik (di
halaman pertama dan di atas)
- Iklan lebih sering tampil.
Lalu apakah yang menentukan ranking
sebuah iklan?
- Besaran bid, yaitu besaran rupiah yang
Anda rela bayarkan untuk sebuah kata kunci.
- Quality Score,
ditentukan berdasarkan relevansi antara iklan, kata kunci, dengan landing
page.
Landing page adalah halaman yang akan dilihat oleh pengguna saat mereka mengklik iklan Anda.
Sebuah bid yang besar dapat
dikalahkan oleh bid yang lebih kecil, bila quality scorenya lebih rendah.
Setiap kata kunci memiliki quality score.
Pada mula-mula di tabel belum ada
kolom quality score. Untuk menambahkannya silahkan ikuti
gambar berikut ini:
Cara perhitungan Quality
Score
Quality Score dihitung setiap kali orang yang melakukan pencarian yang
memicu munculnya iklan Anda. Faktor-faktor ini adalah penentu Quality
Score Anda:
- Sejarah frekuensi klik pada kata kunci di
iklan Anda.
- Sejarah frekuensi klik dengan display
URL yang Anda gunakan.
- Sejarah akun Anda: CTR Anda secara keseluruhan
dari iklan dan kata kunci di akun Anda.
- Kualitas landing page: Seberapa relevan,
transparan, dan mudah dinavigasi (orang tidak dibuat susah mencari hal
yang mereka cari.)
- Relevansi kata kunci dengan iklan:
Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda
- Relevansi kata kunci dengan pencarian:
Seberapa relevan kata kunci Anda dengan pencarian pelanggan.
- Kinerja Geografis: tingkat keberhasilan akun
Anda di wilayah yang menjadi target Anda.
- Kinerja iklan di situs-situs: tingkat
keberhasilan iklan Anda di sebuah situs dan di situs yang serupa (Jika
Anda menargetkan Display Network)
- Perangkat yang Anda targetkan: Seberapa baik
kinerja iklan Anda di berbagai tipe perangkat yang berbeda
desktops/laptop, perangkat mobil, dan tablet – Anda mendapatkan Quality
Score yang berbeda untuk tipe perangkat yang berbeda
Saya ingin menyoroti no.5 dan no.6
yang menggarisbawahi kata relevansi inilah alasan mengapa disarankan setiap
kategori barang di toko Anda dikelompokkan ke beberapa ad groups dan
tidak menggabungkannya menjadi satu. Dengan demikian setiap ad groups bisa
digunakan untuk mempromosikan satu hal tertentu dengan menggunakan kelompok
kata kunci yang mirip atau berkaitan satu sama lain dan kata-kata kunci itu
bisa dimasukkan ke dalam iklan Anda. Inilah yang dilihat oleh Google sebagai
relevan, dan relevansi = pengalaman pengguna yang baik. Dan Google akan
menghargai iklan semacam itu.
Arti Quality Score yang
lebih tinggi
Akan lebih mudah dan murah untuk
sebuah kata kunci masuk ke sebuah lelang iklan.
CPC yang lebih rendah.
Semakin mudah untuk iklan Anda
tampil di halaman pertama dari hasil pencarian.
Posisi iklan yang lebih tinggi.
Memungkinkan beberapa format
iklan dan ad extention tertentu untuk bisa tampil. Sebab sebagian memerlukan
Quality Score tertentu.
makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat
BalasHapusbagus bos buat artikelnya dan salam sukses
BalasHapusmantap sob infonya dan sangat menarik
BalasHapus